kafe baca biblioholic | tempat gaul para pecandu buku
Bantu Kami Mewujudkan Surga bagi Pencinta Dunia Baca dan Tulis di Makassar!

Saya selalu membayangkan surga itu seperti perpustakaan.
(Jorge Luis Borges)

Agar bisa menjadi ‘surga’ bagi pencinta dunia baca-tulis di Makassar, kami membutuhkan uluran tangan dari Anda. Saat ini kami membutuhkan relawan dan donator. Selengkapnya, silakan baca di sini!
Hadiah di Bulan Cinta

Sejak berdiri pada tanggal 13 Mei 2004 Kafe Baca Biblioholic, lembaga literasi non-profit anggota Komunitas Ininnawa, yang dikelola secara sukarela oleh beberapa relawan ini terus berbenah diri. Di Februari, bulan penuh cinta ini, kami akan memberikan kepada Anda dan menerima dari Anda sejumlah hadiah. Mau tahu hadiah apa saja itu? Baca di sini!
Yang Seru Mulai Maret 2009

Setelah mengalami pembenahan manajemen di awal tahun 2009 ini, kami akan kembali meluncurkan beberapa program yang akan berjalan mulai Maret tahun ini. Program apa saja? Silakan baca lebih detail di sini!

Wednesday, February 11, 2009

[Program #1] Hadiah di Bulan Cinta


SEJAK BERDIRI pada tanggal 13 Mei 2004 Kafe Baca Biblioholic, lembaga literasi non-profit anggota Komunitas Ininnawa, yang dikelola secara sukarela oleh beberapa relawan ini terus berbenah diri. Di Februari, bulan penuh cinta ini, kami akan memberikan kepada Anda dan menerima dari Anda sejumlah hadiah. Secara sederhana hadiah itu kami jelaskan seperti berikut ini:


/1/


KAMI menyediakan kesempatan kepada 500 orang untuk bergabung menjadi anggota tanpa perlu memikirkan uang pendaftaran. Sebab 500 orang yang beruntung itu tidak akan dibebani biaya pendaftaran. Kami telah menyiapkan lembaran voucher untuk program ini. Silakan dapatkan lembaran voucher itu di Kafe Baca Biblioholic. Kemudian setor foto kopi kartu identitas Anda yang masih berlaku [KTP/Kartu Mahasiswa atau Pelajar/SIM]. Program ini akan berlangsung selama sebulan, 15 Februari – 15 Maret 2009.


/2/


MULAI 14 Februari 2009, kami memberikan kesempatan kepada para anggota Kafe Baca Biblioholic untuk melakukan peminjaman buku gratis. Program ini berlangsung mulai 14 – 28 Februari 2009. Hanya dengan menunjukkan kartu anggota, Anda bisa mengikuti program ini.


/3/


DI TENGAH krisis global dan melambungnya harga buku, kami menurunkan biaya pendaftaran dan peminjaman buku di Kafe Baca Biblioholic. Biaya pendaftaran menjadi Rp20.000,- (sebelumnya Rp25.000,-) dan biaya jaminan dihilangkan (sebelumnya Rp15.000,-)


Sementara biaya peminjaman buku kami potong 50%. Paket Sehari dikenakan biaya Rp500,- per buku (sebelumnya Rp1000), Paket 3 Hari dikenakan biaya peminjaman Rp1000 per buku (sebelumnya Rp2000,-), dan Paket 5 Hari dikenakan biaya peminjaman Rp1500,- (sebelumnya Rp3000,-). Sekali peminjaman Anda bisa membawa pulang 2 judul buku.


Hari Minggu tetap buka dan akan tetap menjadi hari gratis meminjam. Misalnya, jika Anda meminjam buku pada hari Sabtu menggunakan paket sehari, Anda tak perlu mengembalikan itu besoknya, melainkan hari Senin. Artinya Anda mendapat bonus sehari.


/4/


KAMI membuka kesempatan bagi lembaga-lembaga kampus atau komunitas luar kampus yang ingin meminjam koleksi Kafe Baca Biblioholic untuk kepentingan kampanye baca. Anda bisa meminjam maksimal 200 judul koleksi kami tanpa perlu biaya apa pun.


/5/


Kami juga membuka kesempatan bagi Anda yang ingin mendapatkan fasilitas VIP Member. Persyaratanya: sumbangkan minimal 10 judul buku Anda kepada kami. Itu saja! Kesempatan ini terbuka setiap saat. Pemegang kartu VIP Member ini bebas biaya peminjaman buku di Kafe Baca Biblioholic seumur hidup.


/6/


KAMI juga membuka kesempatan kepada semua Himpunan Mahasiswa Jurusan di kampus-kampus di Makassar untuk bekerja sama dengan Kafe Baca Biblioholic. Kartu himpunan bisa digunakan sebagai kartu peminjaman di Kafe Baca Biblioholic. Kerja sama ini juga meliputi penggunaan ruang baca dan fasilitas kami untuk diskusi bagi mereka. Program ini akan berjalan sepanjang tahun.


/7/


KAMI, tentu saja, terbuka menerima bantuan untuk pengembangan Kafe Baca Biblioholic. Bantuan itu bisa berupa buku (tak perlu baru, yang penting masih layak baca) dan uang. Bantuan juga bisa berupa tenaga volunteer, saran, kritik. Dan alangkah senangnya kami jika ada yang ingin menjadi donator tetap. Program ini juga akan berjalan sepanjang tahun.


Catatan:


:: Semua biaya yang dipungut dari anggota sepenuhnya digunakan untuk biaya operasional perpustakaan, seperti; bayar lampu + air + telepon, langganan koran, biaya bungkus buku + katalogisasi, alat tulis kantor, dan lain-lain.


:: Bagi yang ingin jadi relawan, kami beritahukan bahwa semua orang yang bekerja di Kafe Baca Biblioholic ini sepenuhnya bekerja tanpa digaji. Kami hanya akan memberikan kesempatan untuk menggunakan semua fasilitas di Kafe Baca Biblioholic secara cuma-cuma sebagai bentuk terima kasih kami.

No comments: